CALL FOR PAPER

Revolusi 4.0 merupakan sebuah era pemanfaatan teknologi modern dan sistem jaringan terintegrasi yang dapat memberikan pengaruh besar dalam berbagai bidang, terutama sains dan pendidikan. Berbagai inovasi baru diperlukan bagi lembaga pendidikan sebagai syarat agar dapat maju, berkembang, dan tidak tertinggal jauh ke belakang. Harapan utamanya adalah peserta didik mampu berpikir kritis dan kreatif dalam menyelesaikan berbagai masalah, serta terampil menggunakan informasi dan teknologi yang ada. Berbagai permasalahan yang dihadapi oleh tenaga pendidik saat ini terletak pada praktik pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan berbagai kajian ilmu untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Konsep “Merdeka Belajar” merupakan tanggapan dari kebutuhan sistem pendidikan pada era revolusi 4.0. Konsep tersebut memberikan tawaran untuk memulihkan sistem pendidikan nasional. Oleh karena itu, diperlukan adanya inovasi baru dalam sains dan pendidikan untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang ada saat ini. Selain itu, pada bidang pengabdian masyarakat juga diperlukan adanya inovasi baru sehingga pengabdian tetap terlaksana dengan baik. Forum ilmiah menjadi salah satu elemen penting untuk melakukan validasi terhadap fakta-fakta sains baru yang ditemukan dan pendidikan menjadi salah satu tonggak penyebarannya.  

Seminar Nasional Pendidikan Biologi (SEMBIO) merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret, sebagai wahana temu ilmiah dan ajang komunikasi serta sharing gagasan ilmiah yang pada muaranya adalah harapan memajukan dan mengembangkan bidang keilmuan dalam lingkup, biologi, sains, lingkungan, dan pembelajarannya di berbagai jenjang pendidikan .

Seminar Nasional Pendidikan Biologi XVIII pada tahun 2022 mengangkat tema:

“Inovasi Riset Biologi dan Pendidikan Biologi serta Pengabdian Masyarakat untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan pada Era Merdeka Belajar”

Kami mengundang para peneliti, guru, mahasiswa, dan peminat biologi, sains, lingkungan dan pembelajarannya untuk berpartisipasi dalam Sembio XVIII untuk mempresentasikan hasil riset dan pengabdian yang telah dilakukan, sesuai dengan ruang lingkup berikut:

  1. Penelitian Biologi
  2. Penelitian Pendidikan 
  3. Pengabdian Masyarakat

Tipe presentasi

Presentasi oral yang dilakukan secara individual selama 10 menit, termasuk tanya jawab.

Waktu dan Venue

Waktu pelaksanaan: 15 Oktober 2022

Venue: Aula Gedung G FKIP UNS (LURING)

Pembicara

  • Prof. Ir. Nizam, DIC., M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng.
    (Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi)
    Topik: “Inovasi pembelajaran biologi pada era merdeka belajar”

Dr. Ir. Ing. Mahir Bayasut ST, MM-CSR
Ketua PMO Kedaireka  
Topik: “Hilirisasi riset dalam kegiatan pengabdian masyarakat dan mendukung industri pada era merdeka belajar”

Dr. Meti Indrowati, S.Si., M.Si.
( Dosen FKIP UNS ) 
Topik: “Pemanfaatan Biodiversitas Lokal sebagai Antidiabetes pada Hewan Coba untuk mendukung  Pembangunan Berkelanjutan”

Dr. Siti Nur Diyana Mahmud
(Universiti Kebangsaan Malaysia)
Topik: “Education for Sustainable Development”