NO
NO URUT
TANGGAL
NAMA LENGKAP
INSTITUSI
KEIKUTSERTAAN
1 14 September 2021 Mili Yana, S,Pd Universitas Lambung Mangkurat
2 02 Oktober 2021 Ifa Safira, S.Pd., M.Pd. Universitas Bosowa
3 02 Oktober 2021 Shofia Nur Mutmainnah Pendidikan Biologi FKIP UNS
4 07 Oktober 2021 - Tamara Intan Sari, - Universitas Sebelas Maret
5 001 27 Agustus 2021 Adriyanto Prasetyo Mana Saja Pemakalah Umum
6 002 27 Agustus 2021 Adriyanto Prasetyo FKIP Pemakalah Umum
7 003 04 Oktober 2021 Arista Indah Anggraini Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Pemakalah Mahasiswa dan Guru
8 004 05 September 2021 Ir. Adi Susilo, MSc Pusat Litbang Hutan Non Pemakalah Umum
9 005 08 September 2021 Rangga Pangestu Adji UNS Non Pemakalah Mahasiswa dan Guru
10 006 14 September 2021 Mili Yana, S,Pd Universitas Lambung Mangkurat Pemakalah Umum
11 007 14 September 2021 Chairunisa , S. Pd UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT Pemakalah Umum
12 008 15 September 2021 Salsabila Mumtaz Universitas Negeri Semarang Non Pemakalah Mahasiswa dan Guru
13 009 15 September 2021 - Ketrin Agnia Rahmani Putri, - Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru
14 010 15 September 2021 Ardiana Ayu Anjarwati Universitas PGRI Madiun Pemakalah Mahasiswa dan Guru
15 011 05 Oktober 2021 Hendrikus Julung, M. Pd STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Pemakalah Umum
16 012 16 September 2021 Ni Wayan Ekayanti, S.Pd.,M.Pd FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar Pemakalah Umum
17 013 16 September 2021 Dra Dewa Ayu Puspawati, M.Si FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar Pemakalah Umum
18 014 17 September 2021 Maretania Arafa Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru
19 015 15 September 2021 Rizka Yuniar Pendidikan Biologi Pemakalah Mahasiswa dan Guru
20 016 19 September 2021 Prof.Dr.H. Muhammad Zaini, M.Pd. Universitas Lambung Mangkurat Pemakalah Umum
21 017 19 September 2021 Dewi Susanti, S.Pd Universitas Lambung Mangkurat Pemakalah Mahasiswa dan Guru
22 018 19 September 2021 Abd Rauf, S.Pd.,M.Pd Universitas Tadulako Pemakalah Umum
23 019 19 September 2021 Merlanita Firsty Mariadini Universitas Muhammadiyah Surakarta Pemakalah Mahasiswa dan Guru
24 020 02 Oktober 2021 Kurnia Widiyani Universitas Bengkulu Pemakalah Mahasiswa dan Guru
25 021 14 September 2021 Maulidya Dwi Anggini Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru
26 022 19 September 2021 Dr I Nengah Kundera, M.Kes Universitas Tadulako Pemakalah Umum
27 023 19 September 2021 Dr. R Mochamad A, M.M. UIN Jakarta Pemakalah Umum
28 024 27 September 2021 Meirin Dwiningtyas Putri, S.Pd. Universitas Pendidikan Indonesia Pemakalah Mahasiswa dan Guru
29 025 19 September 2021 Nickita Anastasia Fadil Universitas Lambung Mangkurat Pemakalah Mahasiswa dan Guru
30 026 20 September 2021 Idola Dian Y. Nebore, S.Si., M.Sc. Universitas Papua Pemakalah Umum
31 027 21 September 2021 Kusnia Patmawati Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru
32 028 21 September 2021 Nira Luthfiana Prima Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru
33 029 22 September 2021 Ardanicha Mauliyana Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru
34 030 22 September 2021 Endang Tri Handayani Universitas PGRI Madiun Pemakalah Mahasiswa dan Guru
35 031 28 September 2021 Aulya Novira, S.Pd. Universitas Negeri Makassar Pemakalah Mahasiswa dan Guru
36 032 30 September 2021 Dr Muzzazinah Muzzazinah, M.Si UNS Pemakalah Umum
37 033 29 September 2021 Intan Marsuki, S.Pd Universitas Negeri Makassar Pemakalah Mahasiswa dan Guru
38 034 30 September 2021 Mohamad Taqwim Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru
39 035 02 Oktober 2021 Rifdah Marwa Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru
40 036 01 Oktober 2021 Dr Umi Fatmawati, S.Pd M.Si Pendidikan Biologi Universitas Sebelas Maret Surakarta Pemakalah Umum
41 037 02 Oktober 2021 Jonanda Anugerah Pendidikan Biologi FKIP UNS Pemakalah Mahasiswa dan Guru
42 038 02 Oktober 2021 Jamaluddin Andi Katutui, S.Kom, M.Pd. Univesitas Negeri Makassar Pemakalah Mahasiswa dan Guru
43 039 02 Oktober 2021 Hanifah Destika Pratiwi Universitas Negeri Semarang Non Pemakalah Umum
44 040 02 Oktober 2021 - Iqtironia Khamlia, - UNS Pemakalah Mahasiswa dan Guru
45 041 03 Oktober 2021 Vica Dian Aprelia Resti, M.Pd Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Pemakalah Umum
46 042 04 Oktober 2021 Nurmiyati ., M.Si UNS Pemakalah Umum
47 043 04 Oktober 2021 Kistantia Elok Mumpuni, M.Pd Universitas Sebelas Maret Pemakalah Umum
48 044 04 Oktober 2021 Sintha Martya Lestari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Non Pemakalah Mahasiswa dan Guru
49 045 04 Oktober 2021 Nova Amalia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Non Pemakalah Mahasiswa dan Guru
50 046 04 Oktober 2021 Kevin Ledyawati Raharjo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Non Pemakalah Mahasiswa dan Guru
51 047 04 Oktober 2021 Yoga Adevia Purwanto Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru
52 048 04 Oktober 2021 - Ricky Wijayanto, - Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru
53 049 04 Oktober 2021 Adelia Putri Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru
54 050 04 Oktober 2021 Resia Purniati Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru
55 051 04 Oktober 2021 Diah Ayu Vidyasari Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru
56 052 04 Oktober 2021 Niken Utami Universitas Sebelas Maret Pemakalah Umum
NO
NO URUT
TANGGAL
NAMA LENGKAP
INSTITUSI
KEIKUTSERTAAN
JUDUL
BIDANG ILMU
1 002 27 Agustus 2021 Adriyanto Prasetyo FKIP Pemakalah Umum Coba judul abstrak Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
2 006 14 September 2021 Mili Yana, S,Pd Universitas Lambung Mangkurat Pemakalah Umum Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Biologi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Jenjang SMP Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
3 007 14 September 2021 Chairunisa , S. Pd UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT Pemakalah Umum Validitas Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Jenjang SMP Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
4 012 16 September 2021 Ni Wayan Ekayanti, S.Pd.,M.Pd FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar Pemakalah Umum Ecopreneurship berbasis photovoice untuk menggali potensi wirausaha generasi Z Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
5 013 16 September 2021 Dra Dewa Ayu Puspawati, M.Si FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar Pemakalah Umum Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
6 041 03 Oktober 2021 Vica Dian Aprelia Resti, M.Pd Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Pemakalah Umum Kajian Neurosains dalam Kemandirian Belajar Mahasiswa Calon Guru IPA melalui Optimalisasi Learning Management System (LMS) dengan Fiture SPADA Pendidikan dan Pembelajaran Sains
7 011 05 Oktober 2021 Hendrikus Julung, M. Pd STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Pemakalah Umum Identifikasi Tanaman Pangan yang Dibudidayakan pada Masyarakat Suku Dayak Jangkang, Dusun Kobang, Desa Jangkang Benua, Indonesia Botani
8 023 19 September 2021 Dr. R Mochamad A, M.M. UIN Jakarta Pemakalah Umum Kura-Kura Berperut 12 RMA Simbol Salat Jamak Dan Berpunggung 472319 Hahslm Di Pusaran Ekonomi Covid Zoologi
9 022 19 September 2021 Dr I Nengah Kundera, M.Kes Universitas Tadulako Pemakalah Umum Pola Resistensi Bakteri Endogen Asal Kaki Kecoa (Periplaneta americana) di Area Pasar Tradisional Kota Palu Mikrobiologi
10 001 27 Agustus 2021 Adriyanto Prasetyo Mana Saja Pemakalah Umum Ekologi dan Konservasi
11 016 19 September 2021 Prof.Dr.H. Muhammad Zaini, M.Pd. Universitas Lambung Mangkurat Pemakalah Umum SOSIALISASI PENELITIAN PENGEMBANGAN (DEVELOPMENT RESEARCH) BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ANTASARI BANJARMASIN Pengabdian Masyarakat
12 018 19 September 2021 Abd Rauf, S.Pd.,M.Pd Universitas Tadulako Pemakalah Umum Inovasi Pembuatan Cassav Crackers Berbahan Ubi Kayu Pada Kelompok Home Industri Kue Di Desa Toaya Vunta Kecamatan Sindue Pengabdian Masyarakat
13 026 20 September 2021 Idola Dian Y. Nebore, S.Si., M.Sc. Universitas Papua Pemakalah Umum EDUKASI PEMANFAATAN LAHAN TERBATAS: BUDIKDAMBER DAN HIDROPONIK SEBAGAI UPAYA PEMENUHAN KEBUTUHAN PANGAN KELUARGA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN AMBAN KABUPATEN MANOKWARI PAPUA BARAT Pengabdian Masyarakat
14 032 30 September 2021 Dr Muzzazinah Muzzazinah, M.Si UNS Pemakalah Umum INTRODUKSI SPESIES BARU INDIGOFERA LONGERACEMOSA BOIV. EX BAILL. DI PUSPITA BATIK GUNA MENINGKATKAN KUALITAS BUBUK PEWARNA ALAMI INDIGO MELALUI TEKNOLOGI CONVECTIVE DRYING Pengabdian Masyarakat
15 036 01 Oktober 2021 Dr Umi Fatmawati, S.Pd M.Si Pendidikan Biologi Universitas Sebelas Maret Surakarta Pemakalah Umum Workshop Teknik Perbanyakan Tanaman Buah dan Tanaman Hias Secara Vegetatif untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Kampung Mipitan Mojosongo Surakarta Pengabdian Masyarakat
16 042 04 Oktober 2021 Nurmiyati ., M.Si UNS Pemakalah Umum PENYULUHAN PERTANIAN DAN PEMBUATAN KOMPOS MENGGUNAKAN SISA LIMBAH SAYURAN DI DESA KALIBENING, KECAMATAN DUKUN, KABUPATEN MAGELANG Pengabdian Masyarakat
17 043 04 Oktober 2021 Kistantia Elok Mumpuni, M.Pd Universitas Sebelas Maret Pemakalah Umum Edukasi Membelajarkan Sains untuk Anak Usia Dini Pengabdian Masyarakat
18 052 04 Oktober 2021 Niken Utami Universitas Sebelas Maret Pemakalah Umum Pengabdian Masyarakat
NO
NO URUT
TANGGAL
NAMA LENGKAP
INSTITUSI
KEIKUTSERTAAN
JUDUL
BIDANG ILMU
1 003 04 Oktober 2021 Arista Indah Anggraini Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Pemakalah Mahasiswa dan Guru Penerapan Model Inquiry Lesson dengan Google Classroom untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi pada Pembelajaran Biologi SMA. Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
2 014 17 September 2021 Maretania Arafa Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi pada Pembelajaran Daring Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
3 015 15 September 2021 Rizka Yuniar Pendidikan Biologi Pemakalah Mahasiswa dan Guru Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Pendekatan Simulatif Berbasis Android Pada Topik Substansi Genetik Dan Sintesis Protein Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
4 017 19 September 2021 Dewi Susanti, S.Pd Universitas Lambung Mangkurat Pemakalah Mahasiswa dan Guru VALIDITAS PANDUAN PRAKTIKUM BIOLOGI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS JENJANG SMP Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
5 020 02 Oktober 2021 Kurnia Widiyani Universitas Bengkulu Pemakalah Mahasiswa dan Guru Pengembagan E-LKPD Pada Materi Bakteri Kelas X Berdasarkan Uji Daya Hambat Ekstrak Daun Sirsak (Annona muricata L) Terhadap Bakteri Escherichia coli Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
6 021 14 September 2021 Maulidya Dwi Anggini Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book Berbasis Discovery Learning pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Siswa Kelas XI SMA Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
7 024 27 September 2021 Meirin Dwiningtyas Putri, S.Pd. Universitas Pendidikan Indonesia Pemakalah Mahasiswa dan Guru Penerapan Teknik Chunking untuk Mengendalikan Beban Kognitif Intrinsik Siswa SMA Pada Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
8 027 21 September 2021 Kusnia Patmawati Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru Pengembangan Website Bioenial Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Sistem Pernapasan Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
9 028 21 September 2021 Nira Luthfiana Prima Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru Pengembangan Media Pembelajaran Materi Sistem Koordinasi Berbasis Telegram Bot Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
10 030 22 September 2021 Endang Tri Handayani Universitas PGRI Madiun Pemakalah Mahasiswa dan Guru Media pembelajaran dalam bentuk buku atau cetak semakin tersisihkan keberadaannya dengan media pembelajaran yang lebih modern dan canggih. Oleh karena itu, penting dilakukannya penyusunan buku ensiklopedia yang dikemas secara praktis. Keanekaragaman hayati yang tinggi di Indonesia dapat mendukung penyusunan ensiklopedia. Penyusunan ensiklopedia ini bertujuan untuk mengetahui keragaman burung lokal. Penyusunan ensiklopedia dimulai dengan analisis ensiklopedia, mendesain ensiklopedia, dan menvalidasi ensiklopedia. Hasil validasi ensiklopedia menunjukkan bahwa layak digunakan dengan presentase materi sebesar 75% dan media 91,67%. Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
11 031 28 September 2021 Aulya Novira, S.Pd. Universitas Negeri Makassar Pemakalah Mahasiswa dan Guru Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik yang Dibelajarkan dengan Metode Question Student Have dan Learning Starts With A Question pada Pembelajaran Biologi Materi Sistem Gerak Kelas XI SMA Negeri 3 Bone Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
12 033 29 September 2021 Intan Marsuki, S.Pd Universitas Negeri Makassar Pemakalah Mahasiswa dan Guru Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains Pada Materi Fungi Kelas X SMA Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
13 035 02 Oktober 2021 Rifdah Marwa Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru Analisis Permasalahan Pembelajaran Siswa pada Materi Jaringan Tumbuhan untuk Mengembangkan Media Pembelajaran Website Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
14 037 02 Oktober 2021 Jonanda Anugerah Pendidikan Biologi FKIP UNS Pemakalah Mahasiswa dan Guru Analisis Kebutuhan dan Desain Media E-Learning Materi Pteridophyta Untuk SMA Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
15 038 02 Oktober 2021 Jamaluddin Andi Katutui, S.Kom, M.Pd. Univesitas Negeri Makassar Pemakalah Mahasiswa dan Guru Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa melalui pembelajaran Prezi Desktop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Makassar semester genap tahun ajaran 2018/2019. Mereka adalah 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data sebagai berikut: (1) Hasil belajar biologi siswa dengan melihat nilai rata-rata setelah menggunakan media pembelajaran Prezi Desktop. Pada siklus I meningkat dari 68,23 menjadi 81,50 pada siklus II, persentase ketuntasan siswa pada siklus I 37,71% menjadi 83,95% pada Siklus II. (2) Setelah menggunakan media Prezi Desktop, sikap siswa terhadap media tersebut 100% positif. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan selama proses pembelajaran setelah diterapkan penggunaan media pembelajaran Prezi Desktop, dan siswa juga mendukung 100% terhadap media Prezi Desktop dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 3 Makasar. Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
16 047 04 Oktober 2021 Yoga Adevia Purwanto Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru Kegiatan pembelajaran pada masa ini mengalami perubahan derastis, pembelajaran yang awalnya dilakukan secara luring diubah menjadi secara daring. perubahan ini menyebabkan munculnya permasalahan pembelajaran khusunya pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh peneliti yaitu inovasi pada media pembelajaran yang dapat membantu guru maupun siswa untuk mempermudah mempelajarai dan memahami materi jaringan tumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan pembelajaran siswa dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran Augmented Reality struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Mix Method dengan strategi Concuren Triangulation. Pada tahap pelaksananaya penelitian ini terdiri dari 5 tahapan menurut Munir yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap pengujian lapangan, dan tahap penilaian. Subjek penelitian terdiri dari seluruh siswa XI MIPA SMA Negeri 8 Surakarta atau yang sudah menempuh materi jaringan tumbuhan dan sempel penelitian sejumlah ? 70 siswa yang di peroleh dari rumus Slovin. Tahap analisis permasalahan pembelajaran diperoleh dengan cara menyebarkan angket (skala likers), data yang didapatkan kemudian dilakukan analisis dengan teknik analisis Model Rasch. Tahap pengujian produk terdiri dari dua ahli media, satu ahli materi, dua praktisi atau guru biologi. Instrument yang digunakan pada pengujian produk menggunakan instrument angket (skala likers). selain itu, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran Aigmented Realiy yang dikembangkan peneliti, dalam memeroleh data peneliti menyebarkan instrumen angket (skala liker) serta kolom saran dan masukan yang terdapat pada angket. Teknik analisis data angket siswa menggnakan teknik analisis kuantitatif menggunakan tabel penilaian kuanitatif dan teknik analisis kualitatif dengan cara analisis desktiptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan suatu produk media pembelajaran Augmented Reality berbasis android pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Hasil pengujian produk oleh para ahli atau validator dinyatakan layak dengan beberapa saran dan masukan. Sedangkan hasil pengujian produk oleh peserta didik dinyatakan layak dan mendapatkan respon bahwa media sudah baik, menarik, dapat membantu sisw dalam belajar, dan bisa dikembangkan lagi. Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
17 048 04 Oktober 2021 - Ricky Wijayanto, - Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru Media Pembelajaran E-Modul Peserta Didik Kelas XI Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
18 049 04 Oktober 2021 Adelia Putri Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Discovery Learning pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
19 050 04 Oktober 2021 Resia Purniati Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru Analisis Permasalahan Pembelajaran Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Untuk Mengembangkan Media Pembelajaran E-magazine Flipbook Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
20 051 04 Oktober 2021 Diah Ayu Vidyasari Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru Analisis Permasalahan Pembelajaran Siswa Kelas XI Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Pengembangan E-Modul Menggunakan Articulate Storyline Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
21 019 19 September 2021 Merlanita Firsty Mariadini Universitas Muhammadiyah Surakarta Pemakalah Mahasiswa dan Guru Analisis Keaktifan Kolaborasi Guru IPA Menggunakan Aplikasi Google Docs di Masa Pandemi Covid-19 Pendidikan dan Pembelajaran Sains
22 034 30 September 2021 Mohamad Taqwim Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru Remediasi Miskonsepsi Materi Usaha Dan Energi Dengan Model Sscs Pada Tingkat SMP Pendidikan dan Pembelajaran Sains
23 010 15 September 2021 Ardiana Ayu Anjarwati Universitas PGRI Madiun Pemakalah Mahasiswa dan Guru PotensiI Tepung Keong Terfermentasi terhadap Struktur Reproduksi dan Kualitas Telur Biologi Terapan
24 029 22 September 2021 Ardanicha Mauliyana Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru EKSTRAK KULIT BIJI KOPI ALTERNATIF PESTISIDA NABATI SEBAGAI PENGENDALI ULAT PADA TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa subsp. chinensis) Biologi Terapan
25 009 15 September 2021 - Ketrin Agnia Rahmani Putri, - Universitas Sebelas Maret Pemakalah Mahasiswa dan Guru Sosialisasi Edukasi Varian Baru Covid-19 dan Pentingnya Vaksinasi Guna Mencegah Penyebaran Virus Covid-19 Di Desa Songbledeg, Wonogiri Pengabdian Masyarakat
26 025 19 September 2021 Nickita Anastasia Fadil Universitas Lambung Mangkurat Pemakalah Mahasiswa dan Guru Keefektivan Layanan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Desa Tandui Kabupaten Tapin Di Masa Covid-19 Melalui “FKIP MENGAJAR” Pengabdian Masyarakat
27 040 02 Oktober 2021 - Iqtironia Khamlia, - UNS Pemakalah Mahasiswa dan Guru PENYULUHAN PERTANIAN DAN PEMBUATAN KOMPOS MENGGUNAKAN SISA LIMBAH SAYURAN DI DESA KALIBENING, KECAMATAN DUKUN, KABUPATEN MAGELANG Pengabdian Masyarakat
NO
NO URUT
TANGGAL
NAMA LENGKAP
INSTITUSI
KEIKUTSERTAAN
BUKTI BAYAR
1 004 05 September 2021 Ir. Adi Susilo, MSc Pusat Litbang Hutan Non Pemakalah Umum Bukti Bayar belum diupload
2 039 02 Oktober 2021 Hanifah Destika Pratiwi Universitas Negeri Semarang Non Pemakalah Umum Bukti Bayar belum diupload
NO
NO URUT
TANGGAL
NAMA LENGKAP
INSTITUSI
KEIKUTSERTAAN
BUKTI BAYAR
1 005 08 September 2021 Rangga Pangestu Adji UNS Non Pemakalah Mahasiswa dan Guru Bukti Bayar belum diupload
2 008 15 September 2021 Salsabila Mumtaz Universitas Negeri Semarang Non Pemakalah Mahasiswa dan Guru Bukti Bayar belum diupload
3 044 04 Oktober 2021 Sintha Martya Lestari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Non Pemakalah Mahasiswa dan Guru Bukti Bayar belum diupload
4 045 04 Oktober 2021 Nova Amalia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Non Pemakalah Mahasiswa dan Guru Bukti Bayar belum diupload
5 046 04 Oktober 2021 Kevin Ledyawati Raharjo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Non Pemakalah Mahasiswa dan Guru Bukti Bayar belum diupload
NO
TANGGAL
NAMA LENGKAP
INSTITUSI
JUMLAH EKSEMPLAR
1 27 Agustus 2021 Adriyanto Prasetyo FKIP
2 04 Oktober 2021 Arista Indah Anggraini Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
3 05 September 2021 Ir. Adi Susilo, MSc Pusat Litbang Hutan
4 14 September 2021 Chairunisa , S. Pd UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
5 14 September 2021 Mili Yana, S,Pd Universitas Lambung Mangkurat
6 14 September 2021 Maulidya Dwi Anggini Universitas Sebelas Maret
7 15 September 2021 Rizka Yuniar Pendidikan Biologi
8 15 September 2021 Salsabila Mumtaz Universitas Negeri Semarang
9 15 September 2021 - Ketrin Agnia Rahmani Putri, - Universitas Sebelas Maret
10 15 September 2021 Ardiana Ayu Anjarwati Universitas PGRI Madiun
11 05 Oktober 2021 Hendrikus Julung, M. Pd STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
12 16 September 2021 Ni Wayan Ekayanti, S.Pd.,M.Pd FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar
13 16 September 2021 Dra Dewa Ayu Puspawati, M.Si FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar
14 27 September 2021 Meirin Dwiningtyas Putri, S.Pd. Universitas Pendidikan Indonesia
15 19 September 2021 Prof.Dr.H. Muhammad Zaini, M.Pd. Universitas Lambung Mangkurat
16 19 September 2021 Dewi Susanti, S.Pd Universitas Lambung Mangkurat
17 19 September 2021 Dr. R Mochamad A, M.M. UIN Jakarta
18 19 September 2021 Dr I Nengah Kundera, M.Kes Universitas Tadulako
19 19 September 2021 Merlanita Firsty Mariadini Universitas Muhammadiyah Surakarta
20 20 September 2021 Idola Dian Y. Nebore, S.Si., M.Sc. Universitas Papua
21 02 Oktober 2021 Kurnia Widiyani Universitas Bengkulu
22 19 September 2021 Nickita Anastasia Fadil Universitas Lambung Mangkurat
23 22 September 2021 Ardanicha Mauliyana Universitas Sebelas Maret
24 22 September 2021 Endang Tri Handayani Universitas PGRI Madiun
25 28 September 2021 Aulya Novira, S.Pd. Universitas Negeri Makassar
26 30 September 2021 Dr Muzzazinah Muzzazinah, M.Si UNS
27 29 September 2021 Intan Marsuki, S.Pd Universitas Negeri Makassar
28 01 Oktober 2021 Dr Umi Fatmawati, S.Pd M.Si Pendidikan Biologi Universitas Sebelas Maret Surakarta
29 02 Oktober 2021 Jamaluddin Andi Katutui, S.Kom, M.Pd. Univesitas Negeri Makassar
30 02 Oktober 2021 Hanifah Destika Pratiwi Universitas Negeri Semarang
31 04 Oktober 2021 Niken Utami Universitas Sebelas Maret
NO
TANGGAL
NAMA LENGKAP
INSTITUSI
JUDUL
UNDANGAN
BUKTI BAYAR
FULLPAPER
STATUS FULLPAPER
1 04 Oktober 2021 Arista Indah Anggraini Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Penerapan Model Inquiry Lesson dengan Google Classroom untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi pada Pembelajaran Biologi SMA. 1630985296IMG-20210906-WA0015.jpg MODEL INQUIRY LESSON.docx Diterima
2 14 September 2021 Chairunisa , S. Pd UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT Validitas Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Jenjang SMP 1633738407BUKTI PEMBAYARAN SEMINAR.jpeg JURNAL VALIDITAS CHAIRUNISA ULM.docx Diterima
3 14 September 2021 Mili Yana, S,Pd Universitas Lambung Mangkurat Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Biologi terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Jenjang SMP Bukti Bayar belum diupload draft Abstrak Validasi - MILI YANA - 2020132320012.docx Belum dicek
4 17 September 2021 Maretania Arafa Universitas Sebelas Maret Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi pada Pembelajaran Daring 1632142191F8970CFC-F5C3-40E2-BACE-27740C5E4742.jpeg Full Paper belum diupload Belum dicek
5 14 September 2021 Maulidya Dwi Anggini Universitas Sebelas Maret Pengembangan Media Pembelajaran Busy Book Berbasis Discovery Learning pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Siswa Kelas XI SMA 1632542466bukti bayar.jpeg Full Paper belum diupload Belum dicek
6 15 September 2021 Rizka Yuniar Pendidikan Biologi Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Pendekatan Simulatif Berbasis Android Pada Topik Substansi Genetik Dan Sintesis Protein 1632142328BA87510D-2479-488F-8D55-89C2DD2815F6.jpeg Template-Surat-Pernyataan-Tidak-Dipublikasikan-di-Prosiding-Sembio-XVII-2021.docx Diterima
7 15 September 2021 - Ketrin Agnia Rahmani Putri, - Universitas Sebelas Maret Sosialisasi Edukasi Varian Baru Covid-19 dan Pentingnya Vaksinasi Guna Mencegah Penyebaran Virus Covid-19 Di Desa Songbledeg, Wonogiri 1632152752IMG-20210920-WA0010.jpg Prosiding KKN Kelompok 257 (1).docx Diterima
8 15 September 2021 Ardiana Ayu Anjarwati Universitas PGRI Madiun PotensiI Tepung Keong Terfermentasi terhadap Struktur Reproduksi dan Kualitas Telur 1632284207Ardiana_Pembayaran Sembio.pdf Ardiana_Fullpaper Sembio 2021.docx Diterima
9 05 Oktober 2021 Hendrikus Julung, M. Pd STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Identifikasi Tanaman Pangan yang Dibudidayakan pada Masyarakat Suku Dayak Jangkang, Dusun Kobang, Desa Jangkang Benua, Indonesia 1633420378Rekapitulasi Biaya dan Bukti Transfer.pdf Full Paper.docx Diterima
10 16 September 2021 Ni Wayan Ekayanti, S.Pd.,M.Pd FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar Ecopreneurship berbasis photovoice untuk menggali potensi wirausaha generasi Z 1633157565kwitansi_sembioXIII ekayanti 2021.pdf Ecopreneurship berbasis photovoice untuk menggali potensi wirausaha generasi Z-Prosiding-Sembio-XVII.docx Diterima
11 27 September 2021 Meirin Dwiningtyas Putri, S.Pd. Universitas Pendidikan Indonesia Penerapan Teknik Chunking untuk Mengendalikan Beban Kognitif Intrinsik Siswa SMA Pada Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia 1633360834rekapitulasi biaya + bukti transfer meirin.pdf Full_paper_meirin.docx Diterima
12 19 September 2021 Prof.Dr.H. Muhammad Zaini, M.Pd. Universitas Lambung Mangkurat SOSIALISASI PENELITIAN PENGEMBANGAN (DEVELOPMENT RESEARCH) BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ANTASARI BANJARMASIN 1633361873Bukti Pembayaran Sembio.jpeg Fullpaper Sembio Muhammad Zaini.docx Diterima
13 19 September 2021 Abd Rauf, S.Pd.,M.Pd Universitas Tadulako Inovasi Pembuatan Cassav Crackers Berbahan Ubi Kayu Pada Kelompok Home Industri Kue Di Desa Toaya Vunta Kecamatan Sindue 1632109474Bukti Tranver Sem-Bio UNS.jpeg Makala Presentasi SEMNASBIOdocx.docx Diterima
14 19 September 2021 Dewi Susanti, S.Pd Universitas Lambung Mangkurat VALIDITAS PANDUAN PRAKTIKUM BIOLOGI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS JENJANG SMP Bukti Bayar belum diupload Full Paper belum diupload Belum dicek
15 19 September 2021 Dr. R Mochamad A, M.M. UIN Jakarta Kura-Kura Berperut 12 RMA Simbol Salat Jamak Dan Berpunggung 472319 Hahslm Di Pusaran Ekonomi Covid 1633349745RMA UINJKT 300RB 0410 2021.pdf Full Paper belum diupload Ditolak
16 19 September 2021 Dr I Nengah Kundera, M.Kes Universitas Tadulako Pola Resistensi Bakteri Endogen Asal Kaki Kecoa (Periplaneta americana) di Area Pasar Tradisional Kota Palu 1632404633kwitansi_sembioXIII.pdf Full Paper belum diupload Belum dicek
17 19 September 2021 Merlanita Firsty Mariadini Universitas Muhammadiyah Surakarta Analisis Keaktifan Kolaborasi Guru IPA Menggunakan Aplikasi Google Docs di Masa Pandemi Covid-19 1632280155Bukti pembayaran Sembio_Merlanita_Universitas Muhammadiyah Surakarta.pdf Prosiding-Sembio-XVII-2021_Merlanita Firsty M_Universitas Muhammadiyah Surakarta.docx Diterima
18 20 September 2021 Idola Dian Y. Nebore, S.Si., M.Sc. Universitas Papua EDUKASI PEMANFAATAN LAHAN TERBATAS: BUDIKDAMBER DAN HIDROPONIK SEBAGAI UPAYA PEMENUHAN KEBUTUHAN PANGAN KELUARGA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN AMBAN KABUPATEN MANOKWARI PAPUA BARAT 1633166115Bukti Bayar.pdf FULLPAPER_Nebore, Damopolii, Jeni, Sirait dan Wambrauw.docx Diterima
19 02 Oktober 2021 Kurnia Widiyani Universitas Bengkulu Pengembagan E-LKPD Pada Materi Bakteri Kelas X Berdasarkan Uji Daya Hambat Ekstrak Daun Sirsak (Annona muricata L) Terhadap Bakteri Escherichia coli 1633179160Bukti Transfer Semnas.pdf Full Paper Kurnia_Universitas Bengkulu.docx Diterima
20 19 September 2021 Nickita Anastasia Fadil Universitas Lambung Mangkurat Keefektivan Layanan Pembelajaran Di Sekolah Dasar Desa Tandui Kabupaten Tapin Di Masa Covid-19 Melalui “FKIP MENGAJAR” Bukti Bayar belum diupload Full Paper belum diupload Belum dicek
21 21 September 2021 Nira Luthfiana Prima Universitas Sebelas Maret Pengembangan Media Pembelajaran Materi Sistem Koordinasi Berbasis Telegram Bot 1633241596IMG-20211003-WA0007.jpg Full Paper belum diupload Belum dicek
22 21 September 2021 Kusnia Patmawati Universitas Sebelas Maret Pengembangan Website Bioenial Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Sistem Pernapasan 1633236122Kusnia PAtmawati_Bukti pembayaran.jpg Kusnia Patmawati-Surat-Pernyataan-Tidak-Dipublikasikan-di-Prosiding-Sembio-XVII-2021.docx Diterima
23 22 September 2021 Ardanicha Mauliyana Universitas Sebelas Maret EKSTRAK KULIT BIJI KOPI ALTERNATIF PESTISIDA NABATI SEBAGAI PENGENDALI ULAT PADA TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa subsp. chinensis) Bukti Bayar belum diupload ARDANICHA M_K4318012_NASKAH JURNAL SEMBIO.docx Belum dicek
24 22 September 2021 Endang Tri Handayani Universitas PGRI Madiun Media pembelajaran dalam bentuk buku atau cetak semakin tersisihkan keberadaannya dengan media pembelajaran yang lebih modern dan canggih. Oleh karena itu, penting dilakukannya penyusunan buku ensiklopedia yang dikemas secara praktis. Keanekaragaman hayati yang tinggi di Indonesia dapat mendukung penyusunan ensiklopedia. Penyusunan ensiklopedia ini bertujuan untuk mengetahui keragaman burung lokal. Penyusunan ensiklopedia dimulai dengan analisis ensiklopedia, mendesain ensiklopedia, dan menvalidasi ensiklopedia. Hasil validasi ensiklopedia menunjukkan bahwa layak digunakan dengan presentase materi sebesar 75% dan media 91,67%. 1633162346Bukti Pembayaran SEMBIO Endang Tri Handayani.pdf Prosiding SEMBIO XVII 2021 Endang Tri Handayani.docx Diterima
25 28 September 2021 Aulya Novira, S.Pd. Universitas Negeri Makassar Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik yang Dibelajarkan dengan Metode Question Student Have dan Learning Starts With A Question pada Pembelajaran Biologi Materi Sistem Gerak Kelas XI SMA Negeri 3 Bone 1633400671kwitansi_sembioXIII (1)-digabungkan.pdf ABSTRAK_AULYA NOVIRA.docx Diterima
26 30 September 2021 Dr Muzzazinah Muzzazinah, M.Si UNS INTRODUKSI SPESIES BARU INDIGOFERA LONGERACEMOSA BOIV. EX BAILL. DI PUSPITA BATIK GUNA MENINGKATKAN KUALITAS BUBUK PEWARNA ALAMI INDIGO MELALUI TEKNOLOGI CONVECTIVE DRYING 1633529333BUKTI BAYAR.jpeg Full Paper belum diupload Belum dicek
27 29 September 2021 Intan Marsuki, S.Pd Universitas Negeri Makassar Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains Pada Materi Fungi Kelas X SMA 1633418282kwitansi_sembioXIII INTAN (1)-digabungkan.pdf Abstrak Nur Intan Marsuki.docx Diterima
28 30 September 2021 Mohamad Taqwim Universitas Sebelas Maret Remediasi Miskonsepsi Materi Usaha Dan Energi Dengan Model Sscs Pada Tingkat SMP 1633705345bukti pembayaran sembio.pdf Full Paper belum diupload Belum dicek
29 01 Oktober 2021 Dr Umi Fatmawati, S.Pd M.Si Pendidikan Biologi Universitas Sebelas Maret Surakarta Workshop Teknik Perbanyakan Tanaman Buah dan Tanaman Hias Secara Vegetatif untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat di Kampung Mipitan Mojosongo Surakarta Bukti Bayar belum diupload Full Paper belum diupload Belum dicek
30 02 Oktober 2021 Rifdah Marwa Universitas Sebelas Maret Analisis Permasalahan Pembelajaran Siswa pada Materi Jaringan Tumbuhan untuk Mengembangkan Media Pembelajaran Website 1633355256bukti pembayaran sembio rifdah marwa.pdf Surat Pernyataan Tidak Dipublikasikan di Prosiding Sembio XVII 2021 _ Rifdah Marwa.docx Diterima
31 02 Oktober 2021 Jonanda Anugerah Pendidikan Biologi FKIP UNS Analisis Kebutuhan dan Desain Media E-Learning Materi Pteridophyta Untuk SMA 1633610968Bukti Bayar_Jonanda Fattah Anugerah_Pendidikan Biologi FKIP UNS.pdf Surat Pernyataan Tidak Dipublikasikan di Prosiding Sembio XVII 2021_Jonanda Fattah Anugerah_Pendidikan Biologi FKIP UNS.docx Diterima
32 02 Oktober 2021 Jamaluddin Andi Katutui, S.Kom, M.Pd. Univesitas Negeri Makassar Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa melalui pembelajaran Prezi Desktop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Makassar semester genap tahun ajaran 2018/2019. Mereka adalah 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data sebagai berikut: (1) Hasil belajar biologi siswa dengan melihat nilai rata-rata setelah menggunakan media pembelajaran Prezi Desktop. Pada siklus I meningkat dari 68,23 menjadi 81,50 pada siklus II, persentase ketuntasan siswa pada siklus I 37,71% menjadi 83,95% pada Siklus II. (2) Setelah menggunakan media Prezi Desktop, sikap siswa terhadap media tersebut 100% positif. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan selama proses pembelajaran setelah diterapkan penggunaan media pembelajaran Prezi Desktop, dan siswa juga mendukung 100% terhadap media Prezi Desktop dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 3 Makasar. 1633610828bukti bayar.jpeg Artikel Semnas.docx Diterima
33 02 Oktober 2021 - Iqtironia Khamlia, - UNS PENYULUHAN PERTANIAN DAN PEMBUATAN KOMPOS MENGGUNAKAN SISA LIMBAH SAYURAN DI DESA KALIBENING, KECAMATAN DUKUN, KABUPATEN MAGELANG 1633522920Bukti Bayar Iqtironia Khamlia.png Full Paper Iqtironia Khamlia.docx Diterima
34 03 Oktober 2021 Vica Dian Aprelia Resti, M.Pd Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Kajian Neurosains dalam Kemandirian Belajar Mahasiswa Calon Guru IPA melalui Optimalisasi Learning Management System (LMS) dengan Fiture SPADA 1633395836BUKTI BAYAR_VICA DIAN APRELIA RESTI.jpeg VICA DIAN APRELIA RESTI_PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM_UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.docx Diterima
35 04 Oktober 2021 Nurmiyati ., M.Si UNS PENYULUHAN PERTANIAN DAN PEMBUATAN KOMPOS MENGGUNAKAN SISA LIMBAH SAYURAN DI DESA KALIBENING, KECAMATAN DUKUN, KABUPATEN MAGELANG Bukti Bayar belum diupload Full Paper belum diupload Belum dicek
36 04 Oktober 2021 Kistantia Elok Mumpuni, M.Pd Universitas Sebelas Maret Edukasi Membelajarkan Sains untuk Anak Usia Dini 1633334306Kistantia.jpeg Full Paper belum diupload Belum dicek
37 04 Oktober 2021 Yoga Adevia Purwanto Universitas Sebelas Maret Kegiatan pembelajaran pada masa ini mengalami perubahan derastis, pembelajaran yang awalnya dilakukan secara luring diubah menjadi secara daring. perubahan ini menyebabkan munculnya permasalahan pembelajaran khusunya pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh peneliti yaitu inovasi pada media pembelajaran yang dapat membantu guru maupun siswa untuk mempermudah mempelajarai dan memahami materi jaringan tumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan pembelajaran siswa dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran Augmented Reality struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Mix Method dengan strategi Concuren Triangulation. Pada tahap pelaksananaya penelitian ini terdiri dari 5 tahapan menurut Munir yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap pengujian lapangan, dan tahap penilaian. Subjek penelitian terdiri dari seluruh siswa XI MIPA SMA Negeri 8 Surakarta atau yang sudah menempuh materi jaringan tumbuhan dan sempel penelitian sejumlah ? 70 siswa yang di peroleh dari rumus Slovin. Tahap analisis permasalahan pembelajaran diperoleh dengan cara menyebarkan angket (skala likers), data yang didapatkan kemudian dilakukan analisis dengan teknik analisis Model Rasch. Tahap pengujian produk terdiri dari dua ahli media, satu ahli materi, dua praktisi atau guru biologi. Instrument yang digunakan pada pengujian produk menggunakan instrument angket (skala likers). selain itu, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran Aigmented Realiy yang dikembangkan peneliti, dalam memeroleh data peneliti menyebarkan instrumen angket (skala liker) serta kolom saran dan masukan yang terdapat pada angket. Teknik analisis data angket siswa menggnakan teknik analisis kuantitatif menggunakan tabel penilaian kuanitatif dan teknik analisis kualitatif dengan cara analisis desktiptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan suatu produk media pembelajaran Augmented Reality berbasis android pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Hasil pengujian produk oleh para ahli atau validator dinyatakan layak dengan beberapa saran dan masukan. Sedangkan hasil pengujian produk oleh peserta didik dinyatakan layak dan mendapatkan respon bahwa media sudah baik, menarik, dapat membantu sisw dalam belajar, dan bisa dikembangkan lagi. 1633441042kwitansi_sembioXIII-converted.pdf Yoga Adevia Purwanto_Template-Surat-Pernyataan-Tidak-Dipublikasikan-di-Prosiding-Sembio-XVII-2021.pdf Diterima
38 04 Oktober 2021 - Ricky Wijayanto, - Universitas Sebelas Maret Media Pembelajaran E-Modul Peserta Didik Kelas XI Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan 1633692391kwitansi_sembioXIII_Ricky Wijayanto.pdf Full Paper belum diupload Belum dicek
39 04 Oktober 2021 Adelia Putri Universitas Sebelas Maret Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Discovery Learning pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan 1633441533Adelia Putri_Bukti bayar sembio 1.pdf Adelia Putri_Template-Surat-Pernyataan-Tidak-Dipublikasikan-di-Prosiding-Sembio-XVII-2021.pdf Diterima
40 04 Oktober 2021 Resia Purniati Universitas Sebelas Maret Analisis Permasalahan Pembelajaran Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Untuk Mengembangkan Media Pembelajaran E-magazine Flipbook 1633520358Bukti Transfer-Resia Purniati.pdf Full Paper belum diupload Belum dicek
41 04 Oktober 2021 Diah Ayu Vidyasari Universitas Sebelas Maret Analisis Permasalahan Pembelajaran Siswa Kelas XI Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Pengembangan E-Modul Menggunakan Articulate Storyline 1633416575Pembayaran Sembio Diah Pbio 2017.jpeg Diah_Template-Surat-Pernyataan-Tidak-Dipublikasikan-di-Prosiding-Sembio-XVII-2021.docx Diterima
NO
TANGGAL
NAMA LENGKAP
INSTITUSI
JUDUL
UPLOAD
1 27 Agustus 2021 Adriyanto Prasetyo FKIP Coba judul abstrak contoh_word.docx
2 04 Oktober 2021 Arista Indah Anggraini Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Penerapan Model Inquiry Lesson dengan Google Classroom untuk Meningkatkan Keterampilan Berargumentasi pada Pembelajaran Biologi SMA. MODEL INQUIRY LESSON.docx
3 14 September 2021 Chairunisa , S. Pd UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT Validitas Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Jenjang SMP JURNAL VALIDITAS CHAIRUNISA ULM.docx
4 15 September 2021 Rizka Yuniar Pendidikan Biologi Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Pendekatan Simulatif Berbasis Android Pada Topik Substansi Genetik Dan Sintesis Protein Template-Surat-Pernyataan-Tidak-Dipublikasikan-di-Prosiding-Sembio-XVII-2021.docx
5 15 September 2021 - Ketrin Agnia Rahmani Putri, - Universitas Sebelas Maret Sosialisasi Edukasi Varian Baru Covid-19 dan Pentingnya Vaksinasi Guna Mencegah Penyebaran Virus Covid-19 Di Desa Songbledeg, Wonogiri Prosiding KKN Kelompok 257 (1).docx
6 15 September 2021 Ardiana Ayu Anjarwati Universitas PGRI Madiun PotensiI Tepung Keong Terfermentasi terhadap Struktur Reproduksi dan Kualitas Telur Ardiana_Fullpaper Sembio 2021.docx
7 05 Oktober 2021 Hendrikus Julung, M. Pd STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Identifikasi Tanaman Pangan yang Dibudidayakan pada Masyarakat Suku Dayak Jangkang, Dusun Kobang, Desa Jangkang Benua, Indonesia Full Paper.docx
8 16 September 2021 Ni Wayan Ekayanti, S.Pd.,M.Pd FKIP Universitas Mahasaraswati Denpasar Ecopreneurship berbasis photovoice untuk menggali potensi wirausaha generasi Z Ecopreneurship berbasis photovoice untuk menggali potensi wirausaha generasi Z-Prosiding-Sembio-XVII.docx
9 27 September 2021 Meirin Dwiningtyas Putri, S.Pd. Universitas Pendidikan Indonesia Penerapan Teknik Chunking untuk Mengendalikan Beban Kognitif Intrinsik Siswa SMA Pada Pembelajaran Sistem Reproduksi Manusia Full_paper_meirin.docx
10 19 September 2021 Prof.Dr.H. Muhammad Zaini, M.Pd. Universitas Lambung Mangkurat SOSIALISASI PENELITIAN PENGEMBANGAN (DEVELOPMENT RESEARCH) BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI TADRIS BIOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ANTASARI BANJARMASIN Fullpaper Sembio Muhammad Zaini.docx
11 19 September 2021 Abd Rauf, S.Pd.,M.Pd Universitas Tadulako Inovasi Pembuatan Cassav Crackers Berbahan Ubi Kayu Pada Kelompok Home Industri Kue Di Desa Toaya Vunta Kecamatan Sindue Makala Presentasi SEMNASBIOdocx.docx
12 19 September 2021 Merlanita Firsty Mariadini Universitas Muhammadiyah Surakarta Analisis Keaktifan Kolaborasi Guru IPA Menggunakan Aplikasi Google Docs di Masa Pandemi Covid-19 Prosiding-Sembio-XVII-2021_Merlanita Firsty M_Universitas Muhammadiyah Surakarta.docx
13 20 September 2021 Idola Dian Y. Nebore, S.Si., M.Sc. Universitas Papua EDUKASI PEMANFAATAN LAHAN TERBATAS: BUDIKDAMBER DAN HIDROPONIK SEBAGAI UPAYA PEMENUHAN KEBUTUHAN PANGAN KELUARGA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELURAHAN AMBAN KABUPATEN MANOKWARI PAPUA BARAT FULLPAPER_Nebore, Damopolii, Jeni, Sirait dan Wambrauw.docx
14 02 Oktober 2021 Kurnia Widiyani Universitas Bengkulu Pengembagan E-LKPD Pada Materi Bakteri Kelas X Berdasarkan Uji Daya Hambat Ekstrak Daun Sirsak (Annona muricata L) Terhadap Bakteri Escherichia coli Full Paper Kurnia_Universitas Bengkulu.docx
15 21 September 2021 Kusnia Patmawati Universitas Sebelas Maret Pengembangan Website Bioenial Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Sistem Pernapasan Kusnia Patmawati-Surat-Pernyataan-Tidak-Dipublikasikan-di-Prosiding-Sembio-XVII-2021.docx
16 22 September 2021 Endang Tri Handayani Universitas PGRI Madiun Media pembelajaran dalam bentuk buku atau cetak semakin tersisihkan keberadaannya dengan media pembelajaran yang lebih modern dan canggih. Oleh karena itu, penting dilakukannya penyusunan buku ensiklopedia yang dikemas secara praktis. Keanekaragaman hayati yang tinggi di Indonesia dapat mendukung penyusunan ensiklopedia. Penyusunan ensiklopedia ini bertujuan untuk mengetahui keragaman burung lokal. Penyusunan ensiklopedia dimulai dengan analisis ensiklopedia, mendesain ensiklopedia, dan menvalidasi ensiklopedia. Hasil validasi ensiklopedia menunjukkan bahwa layak digunakan dengan presentase materi sebesar 75% dan media 91,67%. Prosiding SEMBIO XVII 2021 Endang Tri Handayani.docx
17 28 September 2021 Aulya Novira, S.Pd. Universitas Negeri Makassar Perbandingan Hasil Belajar Peserta Didik yang Dibelajarkan dengan Metode Question Student Have dan Learning Starts With A Question pada Pembelajaran Biologi Materi Sistem Gerak Kelas XI SMA Negeri 3 Bone ABSTRAK_AULYA NOVIRA.docx
18 29 September 2021 Intan Marsuki, S.Pd Universitas Negeri Makassar Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Literasi Sains Pada Materi Fungi Kelas X SMA Abstrak Nur Intan Marsuki.docx
19 02 Oktober 2021 Rifdah Marwa Universitas Sebelas Maret Analisis Permasalahan Pembelajaran Siswa pada Materi Jaringan Tumbuhan untuk Mengembangkan Media Pembelajaran Website Surat Pernyataan Tidak Dipublikasikan di Prosiding Sembio XVII 2021 _ Rifdah Marwa.docx
20 02 Oktober 2021 Jonanda Anugerah Pendidikan Biologi FKIP UNS Analisis Kebutuhan dan Desain Media E-Learning Materi Pteridophyta Untuk SMA Surat Pernyataan Tidak Dipublikasikan di Prosiding Sembio XVII 2021_Jonanda Fattah Anugerah_Pendidikan Biologi FKIP UNS.docx
21 02 Oktober 2021 Jamaluddin Andi Katutui, S.Kom, M.Pd. Univesitas Negeri Makassar Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Biologi siswa melalui pembelajaran Prezi Desktop. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Makassar semester genap tahun ajaran 2018/2019. Mereka adalah 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data sebagai berikut: (1) Hasil belajar biologi siswa dengan melihat nilai rata-rata setelah menggunakan media pembelajaran Prezi Desktop. Pada siklus I meningkat dari 68,23 menjadi 81,50 pada siklus II, persentase ketuntasan siswa pada siklus I 37,71% menjadi 83,95% pada Siklus II. (2) Setelah menggunakan media Prezi Desktop, sikap siswa terhadap media tersebut 100% positif. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan selama proses pembelajaran setelah diterapkan penggunaan media pembelajaran Prezi Desktop, dan siswa juga mendukung 100% terhadap media Prezi Desktop dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 3 Makasar. Artikel Semnas.docx
22 02 Oktober 2021 - Iqtironia Khamlia, - UNS PENYULUHAN PERTANIAN DAN PEMBUATAN KOMPOS MENGGUNAKAN SISA LIMBAH SAYURAN DI DESA KALIBENING, KECAMATAN DUKUN, KABUPATEN MAGELANG Full Paper Iqtironia Khamlia.docx
23 03 Oktober 2021 Vica Dian Aprelia Resti, M.Pd Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Kajian Neurosains dalam Kemandirian Belajar Mahasiswa Calon Guru IPA melalui Optimalisasi Learning Management System (LMS) dengan Fiture SPADA VICA DIAN APRELIA RESTI_PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM_UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.docx
24 04 Oktober 2021 Yoga Adevia Purwanto Universitas Sebelas Maret Kegiatan pembelajaran pada masa ini mengalami perubahan derastis, pembelajaran yang awalnya dilakukan secara luring diubah menjadi secara daring. perubahan ini menyebabkan munculnya permasalahan pembelajaran khusunya pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh peneliti yaitu inovasi pada media pembelajaran yang dapat membantu guru maupun siswa untuk mempermudah mempelajarai dan memahami materi jaringan tumbuhan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan pembelajaran siswa dan mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran Augmented Reality struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Mix Method dengan strategi Concuren Triangulation. Pada tahap pelaksananaya penelitian ini terdiri dari 5 tahapan menurut Munir yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap pengujian lapangan, dan tahap penilaian. Subjek penelitian terdiri dari seluruh siswa XI MIPA SMA Negeri 8 Surakarta atau yang sudah menempuh materi jaringan tumbuhan dan sempel penelitian sejumlah ? 70 siswa yang di peroleh dari rumus Slovin. Tahap analisis permasalahan pembelajaran diperoleh dengan cara menyebarkan angket (skala likers), data yang didapatkan kemudian dilakukan analisis dengan teknik analisis Model Rasch. Tahap pengujian produk terdiri dari dua ahli media, satu ahli materi, dua praktisi atau guru biologi. Instrument yang digunakan pada pengujian produk menggunakan instrument angket (skala likers). selain itu, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran Aigmented Realiy yang dikembangkan peneliti, dalam memeroleh data peneliti menyebarkan instrumen angket (skala liker) serta kolom saran dan masukan yang terdapat pada angket. Teknik analisis data angket siswa menggnakan teknik analisis kuantitatif menggunakan tabel penilaian kuanitatif dan teknik analisis kualitatif dengan cara analisis desktiptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan suatu produk media pembelajaran Augmented Reality berbasis android pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Hasil pengujian produk oleh para ahli atau validator dinyatakan layak dengan beberapa saran dan masukan. Sedangkan hasil pengujian produk oleh peserta didik dinyatakan layak dan mendapatkan respon bahwa media sudah baik, menarik, dapat membantu sisw dalam belajar, dan bisa dikembangkan lagi. Yoga Adevia Purwanto_Template-Surat-Pernyataan-Tidak-Dipublikasikan-di-Prosiding-Sembio-XVII-2021.pdf
25 04 Oktober 2021 Adelia Putri Universitas Sebelas Maret Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Discovery Learning pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Adelia Putri_Template-Surat-Pernyataan-Tidak-Dipublikasikan-di-Prosiding-Sembio-XVII-2021.pdf
26 04 Oktober 2021 Diah Ayu Vidyasari Universitas Sebelas Maret Analisis Permasalahan Pembelajaran Siswa Kelas XI Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Pengembangan E-Modul Menggunakan Articulate Storyline Diah_Template-Surat-Pernyataan-Tidak-Dipublikasikan-di-Prosiding-Sembio-XVII-2021.docx