Laporan Ketua Panitia SEMBIO 2017

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh,

Alhamdulillah wa syukrulilah ke hadirat Allah SWT atas segala rahmat, hidayah, dan innayah-Nya sehingga kita bersama-sama dapat berkumpul pada hari Sabtu, 05 Agustus 2017 dalam acara Seminar Nasional XIV Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Seminar Nasional Pendidikan Biologi (SEMBIO) merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret, sebagai wahana temu ilmiah dan ajang komunikasi serta sharing gagasan ilmiah yang pada muaranya adalah harapan memajukan dan mengembangkan bidang keilmuan dalam lingkup, biologi, sains, lingkungan, dan pembelajarannya di berbagai jenjang pendidikan.

Mengangkat tema besar: Biologi, Sains, Lingkungan dan pembelajarannya, memberikan gambaran pada dinamisnya pemikiran dan eksperimentasi dari berbagai ranah ilmu yang bekembang di Indonesia. Sedangkan tema spesifik  SEMBIO XIV adalah: Peningkatan Daya Saing Bangsa melalui Penguatan SDM Berbasis Pemanfaatan SDA dan Kearifan Lokal secara Kompetitif. Erosi serta krisis jati diri dan nilai luhur pekerti bangsa yang sedang melanda negeri ini sesungguhnya dapat ditumbuh kembangkan kembali dari sains dan pembelajarannya yang dikemas dalam pendidikan secara integral. Perguruan tinggi khususnya LPTK memiliki tanggungjawab moral untuk dapat berperan mengembangkan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi secara utuh, termasuk kompetensi personal sebagai salah satu pilar pembangunan karakter bangsa.

Ranah pengembangan penelitian dan pendidikan, beragam jenis kompetensi (paedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial), kompetensi kepribadian memiliki nilai strategis yang sangat penting. Guru, dosen, Peneliti, dan calon pendidik perlu memiliki potensi kepribadian dengan cara  meningkatkan dan mengembangkannya secara relevan dengan situasi dan kondisi yang semakin menunjukkan semakin derasnya arus erosi nilai- nilai luhur budaya dan jati diri bangsa.

 

Pada SEMBIO kali ini akan disampaikan tiga makalah utama yaitu oleh: Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP. selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang akan membawa tema “Kebijakan Kemendikbud terkait daya saing bangsa”. Pembicara selanjutnya adalah Profesor Madya Dr. Maria Salih, Fakultas Pendidikan dan Pembangunan Manusia Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia yang akan berbagi ilmu tentang “Qualitative Research Methods Education for Improving Teaching and Learning (ESD)”. Pembicara terakhir adalah Dr. Sri Dwiastuti, M.Si. Beliau adalah Staff Pengajar di Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret, akan menyampaikan materi tentang “Pemberdayaan lahan Kritis Melalui Pola Interaksi Cacing dan   Lingkungannya”. Pemakalah yang dinyatakan lolos seleksi adalah: 172, serta peserta seminar total lebih dari 200 yang datang dari berbagai instansi dengan distribusi secara nasional antara lain:

  1. Universitas Sebelas Maret
  2. Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  3. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  4. Universitas Indonesia
  5. Universitas Negeri Malang
  6. STKIP SoE
  7. Universitas Wiralodra
  8. Universitas Lambung Mangkurat
  9. Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  10. Universitas Negeri Medan
  11. Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  12. Universitas Universitas Palangka Raya
  13. Universitas Muhammadiyah Malang
  14. Universitas Mulawarman
  15. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  16. Universitas Swadaya Gunung Jati
  17. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  18. IKIP BUDI UTOMO
  19. Universitas Negeri Surabaya
  20. Universitas Negeri Yogyakarta
  21. Universitas PGRI Semarang
  22. Universitas Kristen Satya Wacana
  23. IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  24. UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  25. Universitas Diponegoro
  26. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  27. Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin
  28. Universitas Bung Hatta, Padang
  29. Pusat Penelitian dan Pengembangan Hutan, Bogor
  30. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan
  31. PT Gudang Garam Tbk Direktorat Produksi Gempol
  32. BALAI BESAR LITBANG BPTH YOGYAKARTA
  33. MTs Negeri 23 Jakarta Selatan, Kementerian Agama
  34. SMKN 1 Daha Selatan
  35. SMP Negeri 3 Kusan Hilir
  36. SMPN 2 Pematang Karau, Kab. Barito Timur, Prov. Kalimantan Tengah
  37. SMAN 1 Purworejo
  38. SMA Negeri 4 Barabai Kab. Hulu Sungai Tengah Prov. Kalimantan Selatan

 

 

Berdasarkan sebaran keilmuan materi para peserta penyaji makalah dapat dikelompokkan menjadi 11 jenis terdiri dari: 1. Pendidikan Sains SD, 2. Genetika dan Biologi Molekuler, 3. Biologi Terapan dan Biokimia, 4. Pendidikan Sains SMP, 5. Pendidikan Biologi SMA, 6. Pendidikan Sains Universitas, 7. Pendidikan Biologi Universitas, 8. Zoologi, 9. Botani, 10. Ekologi dan Lingkungan, 11. Mikrobiologi.

 

Guna meningkatkan mutu dan kualitas seminar nasional, Pendidikan Biologi menerapkan review abstrak untuk calon pemakalah. Sebanyak 187 pendaftar dan yang dinyatakan lolos oleh tim reviewer sebanyak 172 abstrak dengan 15 abstrak yang dinyatakan tidak lolos, berdasarkan hasil review internal. Selain abstrak, fullpaper akan direview oleh tim reviewer yang melibatkan 70 orang reviewer dengan kepakaran Biologi, Lingkungan IPA, dan Pendidikan Biologi dari berbagai universitas di Indonesia secara blind review. Fullpaper akan diseleksi, dan yang terpilih akan diterbitkan dalam berbagai jurnal nasional Ber-ISSN (jurnal Bioedukasi dan Biopedgogi P.Biologi FKIP UNS, jurnal Edusains UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, jurnal Biogenesis Universitas Riau, jurnal Biologi Universitas Negeri Makasar dan jurnal Unram Mataram) dan Online Journal System (OJS).

 

Sembio XIV menerapkan sistem baru berbasis IT dalam proses registrasi dan publikasi. Budaya IT diharapkan mampu menunjang program GO Green Campus di UNS, menghadapi kompetisi di era MEA, dan memenuhi tuntutan era digital yang semakin maju. Fullpaper yang telah dipresentasikan akan dipublikasikan secara online dalam Proceeding Biology Conference (Online Journal System /OJS) yang Ber-ISSN dan terindeks Google Scholar, Portal Garuda, IPI, dan Academia. Prosiding versi offline akan disiapkan dalam bentuk file yang dapat didownload melalui akun pendaftaran masing-masing. Prosiding versi Cetak, dapat dipesan pada saat seminar berlangsung.

 

Atas nama panitia seminar, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Rektor UNS, Dekan FKIP, Pembicara utama, serta segenap panitia yang telah memberikan dukungan kepada panitia dalam mempersiapkan seminar nasional ini. Ucapan terimakasih juga tidak lupa kami ucapkan pada para sponsor yang telah memberikan bantuan sarana dan prasarana selama kegiatan seminar berlangsung.

 

Kepada seluruh peserta seminar, selamat datang di FKIP UNS, dan selamat berseminar. Semoga seminar ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua. Mohon maaf atas ketidaknyamanan dan pelayanan kami yang kurang berkenan.

 

Sekian, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Ketua Panitia Seminar Nasional XIV Pendidikan Biologi FKIP UNS 2017

 

Dr. Harlita, M.Si

Update Pendaftaran Workshop

Mengundang Bapak/Ibu untuk berpartisipasi pada Workshop Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS 2017:

1. Workshop Qualitative Research: How to do qualitative research and to write a qualitative paper (Workshop A)

2. Workshop Pengembangan Penelitian di Sekolah dan Penulisan Karya Ilmiah Guru (Workshop B)

Pelaksanaan (secara paralel):
Hari/tanggal: Minggu, 6 Agustus 2017
Waktu: 08.00 sd 12.00
Tempat: Gedung A ruang sidang Lt 2 dan Lt 1 FKIP Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami No.36 A Kentingan Surakarta.

Instruktur Workshop A: Prof. Madya Dr. Maria Salih (Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia)
Instruktur Workshop B: Prof Herawati Susilo (Universitas Negeri Malang) dan Dr. Sri Widoretno (Universitas Sebelas Maret)

1. Biaya Workshop A: Rp. 250.000,00 (Dua ratus limapuluh ribu rupiah)
2. Biaya Workshop B: Rp 150.000,00 (Seratus limapuluh ribu rupiah);
    Rp 100.000,00 untuk Anggota PPII dan Alumni Prodi Pend Biologi FKIP     UNS

Deadline pendaftaran: 30 Juli 2017 20 Juli 2017
Deadline pembayaran: 25 Juli 2017

Rekening Pembayaran
a.n. Dewi Puspita Sari, BNI Cab UNS. No rek. 0432826300
Bukti bayar dan kartu keanggotaan PPII atau Kartu Alumni Prodi Pendidikan Biologi FKIP UNS dikirim ke email: sembio@fkip.uns.ac.id
Pendaftaran via link berikut: http://bit.ly/2sVcLhN

PERPANJANGAN WAKTU REGISTRASI SEMBIO IV 2017

Diberitahukan dengan hormat kepada Peneliti, Pemerhati, dan Praktisi dalam bidang Biologi, Sains, Lingkungan dan Pembelajaran, bahwa panitia SEMBIO 2017 memperpanjang batas registrasi dan upload Abstrak Seminar Nasional Biologi IV 2017, sampai dengan tanggal 30 Juni 2017. Batas Upload Fullpaper 20 Juli 2017.

Fullpaper akan diseleksi untuk dapat diterbitkan dalam Jurnal Nasional Ber-ISSN dan OJS (Onlibe Jurnal System), diantaranya: Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi (ISSN, E-ISSN, DOI, OJS); Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi (ISSN, E-ISSN, OJS). dan Fullpaper yang belum lolos seleksi akan diterbitkan dalam Prosiding Ber-ISSN dan OJS (Online Jurnal System).

Berdasarkan hal tersebut, Kepada Bp./Ibu Peneliti, Pemerhati, dan Praktisi dalam bidang Biologi, Sains, Lingkungan dan Pembelajaran yang belum melakukan registrasi dan upload Abstrak, dipersilakan segera melakukan registrasi secara online di laman: http://sembio.fkip.uns.ac.id/sembio

CP:

081215669905 (WA & LINE)

085880000602 (TELP & SMS)

Sembio Fkip Uns (Facebook)

sembiofkipuns (instagram)

5D868B26 (BBM)

085880000569 (SMS Notifikasi)

 

 

PERMASALAHAN DALAM REGISTRASI

  1. Bapak/Ibu pernah mengikuti Seminar Nasional Biologi (SEMBIO), silakan login dengan username/email dan pasword yang pernah digunakan pada seminar sebelumnya. Apabila lupa kata sandi silakan melakukan reset pasword.
  2. Bapak/Ibu yang mengalami kesulitan mendaftar karena email / username pernah digunakan, silakan lakukan reset pasword.
  3. Cara Reset Pasword: silakan klik tulisan: Lupa Kata Sandi? Kemudian masukkan alamat email dan Klik reset pasword. Pasword baru akan dikirimkan ke email Bapak/Ibu yang diinput. Silakan cek email (di inbox atau spam).

CALL FOR PAPER SEMBIO XIV 2017

Call For Paper SEMBIO IV 2017

Dalam rangka menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), serta menyelaraskan pendidikan dan pembelajaran di kelas dengan harapan dan tujuan pendidikan abad 21, maka berbagai perubahan dan penyesuaian sedang berlangsung di Lembaga Pencetak Tenaga Kependidikan Indonesia, khususnya Prodi Pendidikan Biologi di Indonesia, dan juga sekolah-sekolah yang menerapkan Kurikulum 2013.

Perbaikan dan pengembangan pengetahuan terkait teaching and assessing (pedagogical context), serta pemutakhiran knowledge content adalah isu yang diangkat dalam Sembio XIIV 2017.

Kami mengajak peneliti, pendidik, pengamat, dan mahasiswa yang berkecimpung dalam bidang Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya untuk dapat berpartisipasi dalam Sembio XIV dengan memaparkan hasil penelitian, praktek, dan pemikirannya dalam bentuk Oral Presentation. Artikel yang dipresentasikan dalam Sembio XIV akan dipublikasikan secara Online (Online Journal System / OJS) yang ber ISSN dan terindeks Google Scholar, Portal Garuda, IPI, dan Academia. Artikel yang telah lolos seleksi dapat dipublikasikan di Jurnal Nasional Ber-ISSN (Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi; Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi). Apabila telah dinyatakan lolos seleksi/paper terpilih dan mendapat persetujuan penulis, akan dimuat dijurnal tersebut dengan mengikuti proses selingkung dan submission jurnal tersebut. Artikel yang tidak terpilih akan dipublikasikan di Proceeding Biologi Conference.

Dalam rangka menunjang program Go Green Campus di UNS, maka Panitia Sembio XIV akan mengurangi penggunaan kertas dalam administrasi persuratan, publikasi, dan pencetakan prosiding. Prosiding versi offline akan disiapkan dalam bentuk file yang bisa diunduh/ Download melalui akun pendaftaran masing-masing, sedangkan pendaftaran, notifikasi, dan publikasi dilakukan secara online.

Rangkaian acara SEMBIO IV adalah Workshop Riset dan Pembelajaran Biologi. Workshop bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan guru dalam penerapan active learning model dan action research serta keterampilan dosen dan pemerhati pendidikan dalam Pengembangan riset improvement.

TEMA

Tema Seminar

“Peningkatan Daya Saing Bangsa melalui Penguatan SDM Berbasis Pemanfaatan SDA dan Kearifan Lokal secara Kompetitif”

Tema Workshop

Worshop bagi Guru dengan tema “pengembangan penelitian di sekolah dan penulisan karya ilmiah”. 

Workshop bagi Dosen dengan tema “Qualitative Research: How to do and write the academic paper”.

BIDANG ILMU:
1. Pembelajaran Sains Terpadu di SD dan SMP
2. Pembelajaran Biologi di SMA
3. Pendidikan Sains di Perguruan Tinggi
4. Pendidikan Biologi di Perguruan Tinggi
5. Zoologi
6. Botani
7. Ekologi dan Lingkungan
8. Mikrobiologi dan Bioteknologi
9. Genetika dan Biologi Molekuler
10. Biologi Terapan dan Biokimia

PEMBICARA:

SEMBIO IV: 5 Agustus 2017

Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP.*
(Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia)
Kebijakan Kemendikbud terkait daya saing bangsa”
(* masih dalam konfirmasi)

Profesor Madya Dr. Maria Salih
(Fakultas Pendidikan dan Pembangunan Manusia Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia)
Qualitative Research Methods Education for Improving Teaching and Learning (ESD)

Dr. Sri Dwiastuti, M.Si.
(Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret)
Pemberdayaan lahan Kritis Melalui Pola Interaksi Cacing dan   Lingkungannya

Workshop: 6 Agustus 2017

Profesor Madya Dr. Maria Salih

(Fakultas Pendidikan dan Pembangunan Manusia Universiti Pendidikan Sultan Idris, Malaysia)

Tema: “Qualitative Research: How to do and write the academic paper”

 

Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D

(Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang)

Tema: “pengembangan penelitian di sekolah

Dr. Sri Widoretno, M.Si

(Pendidikan Biologi Universitas Sebelas Maret)

Tema: “penulisan karya ilmiah

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN

Waktu Pelaksanaan Seminar Nasional XIV Pendidikan Biologi ini adalah sebagai berikut:

Hari           : Sabtu

Tanggal     : 5 Agustus 2017

Jam            : 08.00 – 16.00 WIB

Tempat      : Aula Gedung F FKIP UNS Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan Surakarta

Waktu Pelaksanaan Workshop adalah sebagai berikut:

Hari           : Minggu

Tanggal     : 6 Agustus 2017

Jam            : 07.00 – 18.00 WIB

Tempat  : Aula Gedung Pascasarjana UNS Jl. Ir. Sutami 36 A Kentingan Surakarta

TANGGAL PENTING

Early Bird

Kegiatan Reguler
15 Maret – 05 Juni 2017

Registrasi

05 -15 Juni 2017
25 Juni 2017

Batas Pembayaran Seminar

20 Juli 2017
5 Juli 2017

Batas Upload Fullpaper

5 Juli 2017

Batas Pembayaran Workshop

Pelaksanaan Seminar 05 Agustus 2017
Pelaksanaan workshop 06 Agustus 2017

INFORMASI PEMBAYARAN

SEMBIO XIV

Early Bird

Reguler

Rp. 500.000,-

Pemakalah UMUM Rp. 600.000,-

Rp. 250.000,-

Pemakalah Mahasiswa dan Guru

RP. 300.000,-

Rp. 250.000,- Non Pemakalah:

UMUM

Rp. 300.000,-

Rp. 150.000,- Non Pemakalah:

Mahasiswa & Guru

Rp. 200.000,-

Additional Paper: dikenai biaya 50% dari biaya pendaftaran

Pemakalah (penulis) kedua, dan seterusnya yg berkeinginan untuk hadir sebagai pemakalah, dikenakan biaya sama dg peserta non pemakalah

Anggota HPPBI diskon 50.000 unt biaya seminar

WORKSHOP

Biaya workshop. 175.000/peserta

PROSIDING

·         Prosiding dalam bentuk Soft File: Rp. 100.000 (download dari akun masing-masing)

Prosiding dalam bentuk Cetak 250.000 (belum termasuk ongkos kirim), pemesanan dilayani saat seminar / workshop berlangsung

 REKENING PEMBAYARAN

Bank Mandiri cabang UNS

No. Rek.: 138-00-1901103-5

Nama Rek: RPL 028 UNS UTK OPERASIONAL BLU 19

*Pembayaran disesuaikan dengan generate biaya, ada penambahan nominal sebagai kode bayar

 

Prosedur Registrasi

Pendaftran ONLINE dapat dilihat DI SINI